Total Pageviews

Wednesday, January 18, 2012

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa yang dipakai untuk berkomunikasi secara Internasional. Kita dapat menemukan bahasa Inggris di mana saja, bahkan pada bagian terkecil dari mainan anak-anak yang ada di sekitar kita. Sehingga menjadi semacam suatu kewajiban bagi kita untuk dapat mengerti, memahami hingga menguasai bahasa Inggris.

Banyak dari rekan-rekan saya menanyakan bagaimana cara mudah dalam belajar Bahasa Inggris. Mereka merasa kesulitan menguasai bahasa ini meski sudah sejak SMP mempelajari bahasa Inggris. Selalu saja ada alasan mengapa tidak juga bisa menguasai bahasa Inggris. Bahkan ada yang mengatakan kalo dia tidak menguasai bahasa Inggris karena gara-gara  dulu guru bahasa Inggrisnya galak, jadi bikin males mo belajar. Padahal jika memiliki motivasi tinggi untuk belajar dan menguasai bahasa ini maka apapun kondisinya dan siapapun yang mengajarkannya pasti akan sukses dan berhasil cas..cis...cus....

Saya memiliki beberapa cara yang telah saya terapkan pada diri saya sendiri dan juga telah saya terapkan ke anak-anak didik saya dalam mempelajari bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan agar mudah dikuasai.
1. Kuasai Kosakata/vocabularies
Kosakata adalah kata-kata yang haus dipahami sebelum diucapkan agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan lawan bicara.  Penguasaan kosakata dapat dengan mudah dilakukan dengan cara mengenali dulu benda di sekeliling kita, Just say what you see, katakan dalam bahasa Inggris apa saja yang kamu lihat. Jika tidak tahu bahasa Inggrisnya maka Kamus adalah alat bantu yang harus selalu ada di dekat Anda.
Sekarang ini jika malas membawa Kamus/Dictionary yang tebal gitu sudah ada solusi dengan adanya  kamus elektronik. Mungkin di Hape Anda juga sudah tersedia fitur Dictionary.
 Lalu kenali kata-kata tersebut masuk kategori kata benda, kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan.

2. Practices Make You Perfect
Jika Kosakata sudah Anda hafal luar kepala kosakata-kosakata tersebut, jangan biarkan mengendap di otak Anda. Praktek mengucapkan berulang-ulang dan gunakan dalam percakapan sehari-hari.

3. Jangan Cemaskan Grammar
Sebagian besar orang sering pusing dengan tenses dan aturan grammar dalam bahasa Inggris. Jika anda sedang memulai belajar bahasa Inggris, maka tidak terlalu perlu tahu aturan-aturan yang membingungkan. Hal prinsipal adalah, anda harus tahu kapan kata-kata yang anda kuasai itu bisa digunakan dan bagaimana pola kalimat untuk berbicara yang tepat. kelak saya akan menuliskan bagaimana cara belajar tenses yang mudah.

4.  Strong desired is needed.
Artinya bahwa untuk belajar dibutuhkan motivasi dan keinginan yang kuat untuk dapat menguasai bahasa Inggris. Never stop to learn. Belajar harus dilakukan secara terus-menerus tanpa henti.  Tidak boleh takut salah. Justru jika anda pernah salah akan menjadi pelajaran berharga buat Anda.
Selanjutnya, Anda harus punya target untuk apa anda mempelajari bahasa Inggris. Kemudian jika target tersebut telah tercapai, maka kembangkanlah kemampuan Anda.

5. Proof your capability
Apakah anda benar-benar telah merasa menguasai bahasa Inggris? coba buktikan dengan cara suatu waktu anda bisa berbicara dengan Native Speaker yang mungkin anda temui di obyek wisata atau di tempat belanja. Jika Native Speaker yang mungkin kebetulan orang Amerika tersebut paham dengan kata-kata Anda, berarti Anda memang layak menjadi pembelajar tingkat lanjut. Kemungkinan anda juga bisa menawarkan diri untuk menjadi guide bagi orang asing.

Cara-cara di atas sudah  pernah saya lakukan dan silakan anda bisa mulai mencoba dari mengatakan kata-kata benda yang paling dekat dengan anda. Bahasa Inggris bukanlah bahasa kebatinan! Jadi jika belajar bahasa Inggris jangan cuma diucapkan dalam hati tapi lafalkanlah dengan bibir Anda. Semakin keras anda melafalkan maka semakin kuat otak anda menangkap dan mengingat kata-kata tersebut.
Just try, never give up!






No comments:

Post a Comment